Latar Belakang

Yayasan Pendidikan Ariyanti didirikan pada tanggal 4 Desember 1968 oleh Ibu Arymbi  yang pada saat ini lebih dikenal dengan nama Ibu DR. C.A. Ariyanti P.S., MH. Berkedudukan di Jalan Pasirkaliki nomor 127-129-131 Bandung dengan Akte Notaris Liana Nugraha, SH. Nomor 5 tanggal 1 Juni 1991 kemudian dilakukan perubahan dengan Akte Notaris Liana Nugraha, SH. Nomor 5 tanggal 1 Pebruari 1994. Pada awal pendiriannya Yayasan Pendidikan Ariyanti menaungi  Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Ariyanti yang merupakan Lembaga Pendidikan Non Formal (Pendidikan Luar Sekolah) yang diselenggarakan oleh masyarakat (Diklusemas) seperti yang telah ditetapkan dalam UU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan. Keberadaan LPP Ariyanti dilandasi kebutuhan akan tenaga kerja dan pengakuan masyarakat yang bertujuan untuk mencetak lulusan agar siap kerja dan mampu menjawab tantangan dunia usaha maupun kemajuan teknologi saat ini.

Selain itu Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ariyanti juga turut membantu program pemerintah, terutama dalam rangka mencerdaskan bangsa, menampung tenaga kerja dan menyalurkan tenaga kerja. Pada awal tahun pendirian, LPP Ariyanti baru menyediakan program pendidikan reguler (paket pelatihan bulanan) yaitu program pendidikan kewanitaan meliputi Tata Kecantikan Rambut dan Tata Kecantikan Kulit. Tahun 1982 seiring dengan perkembangan dan kebutuhan pasar kerja, maka Yayasan Pendidikan Ariyanti mulai berkiprah pada program pendidikan satu tahun siap kerja dengan nama Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Ariyanti dengan memiliki 4 Program Studi yaitu: Sekretaris Eksekutif, Administrasi, Perbankan, Pariwisata & Perhotelan. Tahun 1988 berubah dan bertambah 4 jurusan menjadi : Komputer Akuntansi, Komputer Manajemen, Komputer Keuangan & Perbankan, Sekretaris, Administrasi Perkantoran, Perhotelan & Pariwisata, Tours & Travel dan Public Relations.

Pada tanggal 12 Mei 1997 terbentuk Akademi Sekretari dan Manajemen ARIYANTI, yaitu program pendidikan D-3 sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud RI No. 19/D/O/97 dengan memiliki 2 jurusan yaitu : Sekretaris dan Manajemen Administrasi dengan konsentrasi pada bidang kesekretarisan, Manajemen Administrasi Perkantoran, Manajemen Administrasi Akuntansi, Manajemen Administrasi Bisnis dan Manajemen Administrasi Perhotelan.

Yayasan Pendidikan Ariyanti juga merupakan salah satu lembaga yang mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara ilmiah dan melembaga langsung kepada masyarakat, untuk mengembangkan kemampuan Yayasan Pendidikan Ariyanti sebagai wahana pendidikan dalam membantu mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni oleh perguruan tinggi sebagai lembaga ilmiah harus senantiasa dilandasi niat dan motivasi yang murni untuk mengabdi melalui metodologi ilmiah, baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasinya.

Visi Misi dan Tujuan

V i s i

Yayasan Pendidikan Ariyanti sebagai yayasan yang bergerak dalam bidang pengembangan pendidikan, yang mempunyai tanggung jawab moral dalam mengembangkan program dan mutu pendidikan secara menyeluruh serta bergerak dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) khususnya yang menunjang pengabdian kepada masyarakat dalam pembangunan pada umumnya dan pembangunan industri dunia usaha pada khususnya.

M i s i

Mengembangkan program pendidikan dan informasi pendidikan serta memberikan pelayanan konsultasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang unggul, tepat guna dan berhasil guna kepada masyarakat untuk menopang pembangunan nasional. Serta ikut serta menciptakan sumber daya manusia yang profesional, tangguh, andal dan siap menghadapi persaingan global.

 

Tujuan

Tujuan umum

Membantu pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia, dengan mempersiapkan tenaga kerja yang cakap, jujur, bersifat terbuka, tanggap terhadap kemajuan, memiliki pengetahuan serta keterampilan untuk memangku jabatan yang memerlukan pendidikan dan pengajaran tinggi serta cakap secara mandiri dalam memelihara, memajukan dan menerapkan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian dalam bidangnya masing-masing. Serta ikut serta mensukseskan pembangunan menuju tercapainya masyarakat yang maju, adil dan sejahtera.

Tujuan khusus

  • Memacu pembangunan masyarakat dengan terwujudnya perguruan tinggi yang berwawasan kebangsaan mandiri dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara, serta diharapkan dapat menumbuhkan motivasi dan keterampilan mandiri.
  • Memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk membangun masyarakat serta Negara Republik Indonesiadalam era pembangunan yang terus berkesinambungan dengan menerapkan pendidikan ‘link & match’ yang dibutuhkan oleh masyarakat, guna mencetak tenaga kerja yang profesional dibidangnya.
  • Ikut serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara menyiapkan generasi muda yang berpengetahuan dan mempunyai profesionalisme dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sehingga mempunyai kepercayaan diri dan jiwa kemandirian yang mampu membangun masa depan diri dan bangsanya.
  • Mendekatkan Yayasan Pendidikan Ariyanti dengan masyarakat agar mendapatkan umpan balik bagi peningkatan mutu pendidikan, kurikulum dan sumber daya manusia. Sehingga dapat tercapai peningkatan kualitas pendidikan yang dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Ariyanti.

Sasaran dan Bentuk Kegiatan

Sasaran

Khalayak sasaran kegiatan pendidikan adalah kepada masyarakat luas, terutama pada pembinaan untuk menyiapkan generasi muda sebagai tenaga yang terampil dan profesional. dan sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah masyarakat luas (khususnya masyarakat dunia usaha), pemerintah, instansi, dinas, organisasi profesi, BUMN dan swasta, baik kelompok maupun perorangan.

Bentuk kegiatan

  1. Pendidikan kepada masyarakat.
  2. Pelayanan kepada masyarakat.
  3. Pengembangan dan penerapan hasil pendidikan dan penelitian.
  4. Koperasi.
  5. Pusat Pemahaman dan Penerapan SDM & Pembinaan Usaha Kecil Menengah.

Sifat kegiatan

Sifat kegiatan adalah perintis dan penunjang pembangunan. Perintis berarti kegiatan yang dilakukan adalah untuk merintis hal-hal atau metode-metode yang baru. Sedangkan penunjang adalah kegiatan yang menunjang berbagai kegiatan pihak lain dengan tujuan mempercepat proses keberhasilan pembangunan.

Jenis kegiatan

  1. Pelayanan pendidikan terpadu, meliputi: Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Ariyanti Program Pendidikan Profesional Diploma 3 dan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Ariyanti Program Satu Tahun Siap Kerja.
  2. Pelatihan Program Komputer & Jaringan Internet.
  3. Pelatihan Kemampuan Teknis, Pengembangan Pribadi dan berbagai Program Pelatihan Singkat (In House Training).
  4. Seminar dan Lokakarya.
  5. Penelitian dan Survei.
  6. Koperasi.
  7. Pusat Pembinaan SDM & Usaha Kecil Menengah.

Organisasi Pengelola

Fasilitas

  1. Gedung strategis milik sendiri
  2. Laboratorium Praktek, seperti:
  • Laboratorium Bahasa
  • Sorry, either Adobe flash is not installed or you do not have it enabled
  • Laboratorium Komputer,  LAN & Jaringan Internet
  • Sorry, either Adobe flash is not installed or you do not have it enabled.
  • Laboratorium Tataboga (Kitchen & Pastry-Bakery)
  • Laboratorium Bartending.
  • Sorry, either Adobe flash is not installed or you do not have it enabled
  • Laboratorium Front Office.
  • Laboratorium Housekeeping.
  • Sorry, either Adobe flash is not installed or you do not have it enabled
  • Laboratorium Mengetik Manual & Elektrik.
  • Sorry, either Adobe flash is not installed or you do not have it enabled
  • Laboratorium Perkantoran & Arsip.
  • Laboratorium Usaha Profesi (Tata Rias Kulit, Tata Rias Rambut & Pengantin dan Tata Rias Busana)
  • Pusat Pemasaran Usaha Kecil Menengah (SME’sBusinessCenter)
  • Perpustakaan
  • Sorry, either Adobe flash is not installed or you do not have it enabled
  • Bantuan konsultasi usaha kecil menengah secara profesional
  • Fasilitas Penunjang (Kantin, Mushola, Aula dan Lahan Parkir)